Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Baru Lahir - Tips mengobati ruam popok pada bayi paling efektif dan aman. Tentunya bunda akan merasa cemas dan khawatir jika si kecil terus menangis dan rewel tidak seperti biasanya. Perlu di waspdai jika si kecil rewel pada saat bunda mengganti popok. Mungkin ada yang mengganggu kenyamanan si bayi di daerah pantat yang tertutup popok. Jika di temukan lecet-lecet ringan pada daerah pantat, pangkal paha kemungkinan itu ruam popok. Ruam popok di tandaid dengan lecet, kulit kemerahan disertai gatal. 



Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Yang Aman 

Penanganan yang cepat dan te[at tentunya akan sangat membajtu dalam penyembuhan yangv lecih cepat. Namun bunda juga harus hati-hati dalam mengobati ruam popok isi kekcil karena kondisi kulit si kecil masih sensitif dan tidak sembarangan salep dapat di gunakan. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi ruam popok pada bayi baru lahir.

Pastikan kebersihan area popok.
Pastikan bersih dari air seni bayi, tinja (feses, kotoran) juga bakteri. Usahakan bagian-bagian yg terkena ruam popok kering, bersih sebab kalau lembab atau basah makan akan menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang dan memperparah ruam popok. Apabila bayi mengeluarkan air seni atau kotoran tentunya bunda harus cepat mengganti dengan popok baru, usahakan bersihkan air seni dan kotoran dengan air mengalir, jangan menggosok kulit bayi pada saat membersihkan kotoran bayi sebab mampu mengakibatkan kulitnya terkena ruam popok semakin parah. Cukup itepuk-tepuk pelan dan lembut, keringkan dengan menggunakan kain lembut dengan cara di tepuk-tepuk perlahan. Pakaikan popok baru angin-angin terlebih dahulu selama 2 menit.

Hindari popok sekalai pakai
Pastikan bunda hanya menggunakan popok sekali pakai dalam kondisi urgent saja misalnya pada saat bepergian jauh. Tidak disarankan memakai popok sekalai pakai setiap hari agar kulit yang terkena ruman mempunyai ruang dan cepat kering.

Ganti merek popok
Jika bayi anda mengalami ruam popok setelah memakai merek popok tertentu ada baiknya bunda segera mengganti merek popoknya. Pilihlah popok yang cocok dengan jensi kulit bayi anda. Usahakan pakai popok berbahan lembut tidak dengan pewarna dan tidak mengandung zat lainnya. Mungkin kulit bayi sensitif, cepat iritasi dan alergi pada tipe popok tertentu.

Pakai salep obat ruam popok bayi
Tidak Sedikit salep dan krim khusus untuk ruam popok bayi seperti Baby-dee, Myco-Z, Pigeon Baby Cream, Bepanthen, Switzal, Sebamed di apotik terdekat. Atau dapat memakai minyak tawon, salep guci pusaka, minyak kelapa, virgin oil & minyak zaitun.

Pakai Plain Yoghurt
Plain Yoghurt mengandung zat acidophilus yg bersifat melawan infeksi ragi, oleskan dengan lembut ke area kulit yang terdapat ruam.

0 Responses to “Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Baru Lahir”

Poskan Komentar