Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Pada Masa Kehamilan

Tips Mengatasi Pegal-Pegal Pada Masa Kehamilan - Keluhan yang banyak di rasakan wanita pada masa kehamilan yaitu pegal-pegal. Area yang sering terasa pegal yaitu punggung ataupun pinggang. Pegal-pegal pada masa kehamilan disebabkan karena adanya perubahan hormon, pertambahan berat badan, stres, juga perkembangan bayi. Memang hal ini wajar saja terjadi namun tentunya membuat ibu hamil tidak nyaman. Dan beberapa tips berikut ini bisa membantu meringankan pegal-pegal saat hamil.


Berjalan-jalan santai
Olahraga paling baik dan tepat untuk ibu hamil yaitu berjalan kaki santai dikarenakan akan memperlancar peredaran darah ibu dan janin. Stidaknya bunda luangkan waktu 30 menit untuk memperlancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu maka akan sangat membantu meringankan pegal juga bagus untuk menambah kandungan oksigen baik yang mengurangi rasa pusing dan sesak. 

Berenang
Berenang mampu memberikan kesan rileks bagi ibu hamil disebabkan otot badan yang tegang dapat sejenak diistirahatkan. Berenang tidak hanya dapat mengurangi pegal, namun  juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung pada ibu hamil.

Senam hamil 
Senam hamil merupakan terapi atau olahraga ringan yang dilakukan dengan berbagai gerakan yang dapat melemaskan otot-otot badan yang tegang. Tidak hanya itu senam hamil juga dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar.  Senam hamil yang di lakukan secara rutin dan teratur membuat ibu hamil lebih rileks, sehat, dan bugar.

Latihan bebas 
Selain senam hamil latihan lainnya yang dapat dilakukan di rumah yaitu latihan bebas. Meregangkan bahu sangat membantu dalam mengatasi sakit punggung. Memiringkan dan memutar kepala ataupun leher dapat membuat calon ibu hamil lebih rileks. Latihan ini mampu melenturkan otot otot leher dan bahu untuk mencegah terjadinya ketegangan otot badan. Cobalah juga menggerakkan pergelangan kaki untuk memperlancar sirkulasi darah dan mencegah terjadinya keram otot. 

Tidur menyamping 
Kamu sebaiknya tidur menyamping, pastikan salah satu atau ke-2 lutut tertekuk. Menempatkan satu bantal diantara lutut bunda atau bidang badan lain di bawah perut bisa juga mempermudah posisi tidur bunda, atau pakai bantal seukuran badan. 

Terapi
Hasil dari sekian banyak riset menyarankan bahwa akupuntur akan meringankan menghilangkan sakit punggung selagi kehamilan. Pengobatan chicopractic memberikan kenyamanan bagi sekian banyak perempuan. Apabila bunda pertimbangkan terapi-terapi pelengkap, diskusikan pilihan-pilihan yang tersedia dengan dokter dikarenakan sakit punggung yang kamu derita kemungkinan disebabkan oleh faktor lain.

0 Responses to “Tips Mengatasi Pegal-Pegal Pada Masa Kehamilan”

Poskan Komentar