Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan Secara Cepat

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan Secara Cepat - Anak sulit makan menjadi salah satu masalah yang banyak di alami para bunda. Tentunya hal tersebut membuat para orang tua merasa khawatir apalagi dalam masa tumbuh kembang, asupan makanan menjadi hal yang sangat penting. Bermacam - macam kat yang diterapkan para orang tua agar anak tidak susah makan memang selalu gagal total. Apalgi untuk mengkonsumsi sayuran, anak-anak malah enggan hanya untuk menolehnya saja. Asupan makanan seperti sayuran, buah-buahn dan lauk pauk yang sehat dan alami akan sangat bagus di konsumsi anak dalam usia pertumbuhan. Bahkan makanan menjadi asupan yang sangat berperan penting bagi kekebalan tubuh anak.


Pada saat si anak mulai memasuki usia 6 bulan pemberian makanan pendamping ASi sangat di anjurkan. Makanan padar pendamping ASI akan sangat memberikan asupan nutrisi dan vitamin yang lebih optimal. Pada saat ini lah bunda menjadi waktu yang tepat untuk mengatur pola makan si buah hati. Bunda sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI seperti bubur susu ataupun nasi tim. Namun al tersebut memang selalu tidak berjalan lancar dan memang banyak penyebab yang membuat anak menjadi susah makan. Masalah tersebut umumnya berupa menolak makanan, tak menyukai sayur, cuma ingin makan yg itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama. Keadaan tersebut tentunya membuat para orang tua menjadi lebih khawatir. 

Beberapa aspek yang dapat menyebabkan anak sulit makan yaitu bisa akibat faktor fisik ataupun psikis. Faktor fisik bisa saja terjadi karena adanya gangguan di organ pencernaan ataupun adanya infeksi pada tubuh anak. Sedangkan faktor psikis seperti keadaan rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yg kurang menyenangkan, tidak sempat makan dengan orang tua, ataupun anak dipaksa memakan makanan yang tak disukai. 


Beberapa tips mengatasi anak agar tidak susah makan bisa bunda coba dairi sekarang.

Cobalah sajikan makanan dalam porsi kecil
Tentunya bunda harus tahu jika lambung si kecil berbeda dengan lambung orang dewasa. Lambung anak lebih kecil dan belum bisa menampung makanan lebih banyak. Berikan makanan dalam porsi kecil sedikit demi sedikit. 


Variasi makanan

Tentunya bunda harus lebih kreatif untuk membuat variasi makanan. Menu makanan yang berbeda setiap harinya akan mencegah anak cepat bosan akan makanan tersebut. Biasakan anak memilih makanan yang disukai tentunya dengan catatan makanan yang di siapkan merupakan makanan sehat dan alami.

Buat sajian makanan lebih menarik
Jika bunda telah berhasil untuk membuat menu makanan yang bervariasi langkah selanjutnya yaitu membuat sajian makanan lebih menarik. Bunda dapat menyajikan makanan anak dengan penuh warna dan dalam bentuk yang di sukai anak seperti bentuk teddy bear ataupun bentuk lainnya. 

Jadikan waktu makan menyenangkan 
Hindari mengintimidasi, menghukum, atau menakut-nakuti anak supaya dia makanbanyak. Ini akan membuat anak menjadi tidak nyaman pada saat makan. Dan parahnya lagi anak menganggap waktu makan merupakan waktu yang tidak menyenangkan dan menyebabkan trauma psikologis.

0 Responses to “Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan Secara Cepat”

Poskan Komentar